Selasa, 10 April 2012

Berenang (2)


Tema : Olahraga
Gaya Dada

   Wah, akhirnya melanjutkan kembali menulis tentang olahraga yang aku gemari. Setelah sebelumnya aku tulis tentang alasan mengapa kita harus belajar berenang. Kali ini kita mulai dengan belajar gaya paling dasar dari semua gaya yaitu gaya katak atau gaya dada atau breaststroke. Sebenarnya aku sedikit merasa aneh kok diberi nama breaststroke, kenapa kok ndak pake cheststroke saja ya. Kan breast lebih condong ke dada cewek. Tapi tidak usah kita pikirkan, ayo lanjut..

   Gaya dada ini adalah gaya yang paling mudah dipelajari mengingat gerakannya yang mudah diingat dan lebih cepat dipraktekkan dan bisa, dibandingkan dengan ketiga gaya yang lain. Untuk mulai belajar berenang, sebaiknya diperlukan alat bantu yang wajib dan sunnah (tidak wajib, ^^). Untuk yang wajib, menurutku adalah kacamata renang. Mengapa kacamata renang adalah hal yang wajib ? Karena kalian tentunya akan berenang di berbagai macam kolam renang dan tiap kolam renang berbeda sumber air dan kejernihan airnya. Jika kolam yang kalian masuki adalah kolam sumber, maka tidak masalah tanpa kacamata renang karena memang airnya sendiri sudah jernih dan segar. Tapi itu beda lagi dengan kolam renang hotel ataupun kolam renang perumahan yang meskipun tampak jernih tapi airnya terasa lengket dan agak pahit (menurutku) karena memang banyak ditaburi kaporit (kalsium hipoklorit) kolamnya. Dan kalo air berkaporit ini kena mata, waah, pedihnya dan perihnya luarbiasa (sebenarnya hanya terasa jika dibuat berenang lebih dari 1 jam). Dan membuat mata jadi merah. Maka dari itu, tentunya kita ndak ingin kan setelah berenang mata menjadi sakit dan kemerah-merahan ? So, buy your google first. :D


*Kacamata renang. Pilihlah sesuai ukuran kamu ya. :)



   Setelah kacamata renang, lanjut ke alat bantu selanjutnya yaitu pelampung (aku nyebutnya gitu, hahaha). Banyak sih sebenarnya jenisnya, tapi yang umum kulihat hanya 2 yaitu yang jenis ini (dipanggilnya papan renang secara official, hahaha)
*Papan Renang

Dan yang satu ini disebut sebagai pullboy,

*Pullboy
   Kedua alat bantu diatas sangat membantu dalam melatih gerakan-gerakan dasar renang. Untuk gaya dada, penggunaan papan renang berguna untuk melatih kaki terlebih dahulu. Dan Pullboy digunakan untuk melatih gerakan lengan. Oh iya, sebelumnya belum saya tunjukkan pola gerakan gaya dada. Gambar bergerak dibawah ini bisa menjadi contoh kalian untuk belajar gaya dada lho. Watch these carefully !!


Ini tampak depan, gerakan tangan mengayuh kebawah sambil kepala diangkat ke atas. Semakin berat gerakan mengayuhnya, semakin cepat gaya dadamu (kata guru renangku dulu).
Gerakan tangan dan kaki tidak bersama-sama. Selesaikan dulu gerakan tanganmu sampai tanganmu kembali ke posisi lurus kearah depan, baru lanjutkan dengan gerakan kakimu. Jadi saat tanganmu mengayuh, kakimu lurus. Begitu pula ketika kakimu menendang bak seekor katak, tanganmu lurus ke depan seperti meluncur.




Saat melakukan gerakan ini, pastikan kepalamu benar-benar di bawah air saat kakimu menendang ke belakang sehingga kaupun akan meluncur lebih cepat. Saat kakimu menendang bak seekor katak, pastikan telapak kakimulah yang mendorong air. Sehingga gaya katakmu menjadi lebih sempurna.



   Mungkin dari penjelasan diatas masih kurang jelas karena memang untuk seorang yang baru belajar, sulit untuk langsung mempraktekkannya dengan tangan dan kaki. Maka dari itu, sejak awal kita membutuhkan pelampung (baik papan renang ataupun pullboy). Pertama-tama kita latih kaki dulu, karena memang kaki adalah asset yang sangat berharga bagi seorang perenang. Untuk melatih kaki, gunakanlah papan renang. Cara menggunakannya adalah dengan memegang papan pada sisi sampingnya (terserah jalian, sesuaikan denga tempat nyaman kalian memegannya) dan biarkanlah badanmu lurus ke depan. Lalu lakukan gerakan kaki seperti contoh di atas. Saat melatih kaki ini, kalian bisa mempertahankan posisi kepala tetap dibawah air atau di atas permukaan air. Lakukan bergantian untuk melatih nafas juga, hehehe.

   Lakukan gerakan kaki sampai kalian benar dalam melakukannya. Jika gerakan kakimu sudah benar, kalian bisa bergerak hanya dengan kaki saja sejauh satu meter (minimal). Dan itu adalah kepuasan tersendiri karena kalian telah menyelesaikan tahap 1 berenang kalian. Sesudah kaki kalian benar melakukan gaya dada, lanjutkan dengan melatih tangan kalian (tahap 2). Nah, untuk bagian ini sebenarnya tidak perlu pullboy jika kalian adalah seorang fastlearning. Tapi untuk orang-orang yang sepertiku, yang agak sulit belajarnya maka penggunaan pullboy sangat diperlukan. Untuk melatih tangan, letakkan pullboy diantara 2 paha dan jepit pulboy dengan pahamu sehingga kakimi tidak bisa bergerak lagi menggunakan gaya dada. Setelah itu lakukan gerakan tanganmu sesuai contoh di atas. Nah, pada tahap ini yang paling banyak dikeluhkan adalah sulitnya untuk mengangkat kepala ke permukaan untuk mengambil nafas. Hal ini sebenarnya cukup mudah jika kalian mau sedikit capek. Yaitu saat kalian menggerakkan tangan dari gerakan meluncur lalu tangan mengayu dan sampe kearah dada, maka saat itulah momen yang tepat untuk mengambil nafas. Ayuhan terberat perlu untuk membantu tubuhmu terangkat ke permukaan. Dengan cara itu pula kau bisa mengambil nafas sebanyak-banyaknya dan kembali ke dalam air sambil menghembuskan nafas dalam air.

   Yah, itulah sedikit penjelasan mengenai gaya dada. Sebenarnya lebih enak melihat langsung orang berenang dari pada membaca tulisan sepanjang ini, hehehe. Selanjutnya bisa kalian belajar sendiri lewat menonton video-video di bawah ini. Selamat berlatih, ^^.


#maaf jika ada yang tidak sesuai, harap dimaklumi, terima kasih#

Sumber : Wikipedia, Youtube, Mbah Google, dan pengalaman pribadi. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar